Day 5

Hari ke 5 di Lombok, tempat selanjutnya yang akan kami kunjungi adalah Gili Kondo. Di Gili Kondo kami berencana untuk camping di sana. Pasti bakalan seru nih hehe..

Berangkat jam 8 pagi dari rumahnya Danang (Lombok Timur) perjalannanya gak terlalu jauh sekitar 30 menit saja. Sesampai di Pelabuhan untuk menyebrang menggunakan perahu, untuk penyewaan perahu disini harganya sekitar 400rb perhari. Nah, tujuan pertama kita sehabis dari pelabuhan kami menuju spot pertama untuk snorkling. Untuk persewaan kacamata renang adalah seharga 25rb sepuasnya dan pelampung 10rb juga sepuasnya. Tapi, perahu yang kami tumpangi tidak membawa pelampung jadi kami snorkling tanpa menggunakan pelampung. Sesampai di spot snorkling pertama, kami bersiap siap hehe. Danang dan Nugi langsung nyebur tanpa basa-basi. Sisanya tinggal aku sama Javi, dia gak jadi nyebur gara gara takut lihat ikan wkwkw, ngakak aku. Nah, aku pas pertama sih, gak berani. Mikir banget, aku gak bisa berenang, gak ada pelampung dan gak ada kaki kodok. OKE! Gakpapa. Modal NEKAD! Akhirnya aku nyebur sambil ketakutan gitu wkwk. Cuma nyelem deket sama kapal. Pegangan ke kapal wkwk. Dan pemandangan bawah lautnya, LUAR BIASA! Bagus banget, ikannya banyak dan terumbu karangnya juga beragam. Terbaik pokoknya.

Udah agak lama nih snorklingnya, akhirnya aku beraniin buat gak pegangan dan berenang menjauh dari kapal. Sambil berenang, sambil ngrekam pake gopro ternyata udah jauh dari kapal nih. Terus, aku mau ambil nafas otomatis naik ke atas kan bandannya nah disini aku panik, aku gak bisa dayung pake tangan karena megang tongsis kamera wkwk. Sebenernya pengen aku lepas itu tongsisnya, tapi kameranya punya orang wkwk. Terus, aku teriak ke atas manggil temenku yang di kapal. Teriak minta tolong sambil melambai lambaikan tongsis. Alhamdulillah ada yang denger dan lihat yaitu, Danang. Dia narik aku ke daerah yang ada karangnya dan bisa diinjak. Tapi, tanpa sadar aku malah nginjek bulu babi yang ada disana. Setelah aku bisa berdiri di karang yang datar, perahunya mulai mendekat dan Nugi melemparkan pelampung darurat. Akhirnya, SELAMAT! Tapi, kakiku rasanya sakit banget gak bisa jalan dan yang pastinya shock banget. Dan bulu babi yang ada di kakiku, maunya di cabut tapi setelah dicabut bulu tsb langsung patah. Tiba tiba, Danang ambil palu dan memukul mukul bulu tersebut sampai hancur. Aahh!! Nah, disini aku beneran shock, panic, dan takut banget! Dan kami pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke spot kedua snorkling.

Sampai di spot kedua snorking, kami memutuskan untuk tidak snorkling karena sudah panas dan juga sudah lelah. Beristirahat sebentar sambil foto foto. Dan aku menahan sakit wkwk. Melanjutkan perjalanan kami ke spot ketiga yaitu Gili Kondo. Sesampai di Gili Kondo kami langsung bersiap siap mendirikan tenda dan makan siang. Jangan takut guys, disini sudah ada yang jualan jadi kalo kalian kelaperan atau pingin ngopi disini juga sudah ada dan kalo mau menyewa kacamata renang dan pelampung disini juga tersedia. Harganya sama seperti yang diawal. Setelah tenda berdiri dan perlengkapaan siap semua. Kami akhirnya makan siang. Makan siang kali ini kami dibawakan makanan oleh ibunya Danang (makasih ibunya danang 😉 ) Selain makan siang kami juga mendirikan api unggun kecil kecilan. Karena tadi sudah puas snorkling jadi kami memutuskan untuk snorkling besok pagi. Hari ini kami lanjutkan dengan istirahat.

Malem pun tiba, api unggun yang kami buat pun padam. Sebelum kami tidur kami sempatkan untuk bermain kartu hehe. Suasana malem itu, ramai banget karena tidak hanya kami yang camping di Gili Kondo, mungkin ada 4 kelompok lebih selain kami. Badluck banget nih, malam itu di Gili Kondo tidak ada angin sama sekali jadi panas dan banyak nyamuk. Padahal saat biasanya, anginnya kencang dan tidak ada nyamuk, kata ibu ibu yang diwarung. Kami pun kesusahan untuk tidur. Kalo pake jaket panas, tapi kalo gak pake jaket banyak nyamuk. Serba salah pokoknya.

Day 6

Pagi pun datang, kami sebenarnya menunggu sunrise karena disini sunrisenya termasuk bagus. Eh, sayangnya bad luck lagi karena cuacanya mendung :(( It’s Time to Snorkling!! Alhamdulillah, pagi disini hawanya lumayan dingin, seger bau bau laut hehe. Seperti biasa, Danang dan Nugi langsung snorkeling. Aku udah parno duluan, pengen tapi takut banget walaupun ada persewaan pelampung. Tetep aja. Sempet dipaksa sama nugi buat nyebur masih aja aku nolak. Kata dia “Bagus banget bim, kamu harus nyebur. Kecewa kamu sampe sini kalo gak nyebur bim”

Akhirnya aku berani in, buat minjem pelampung dan nyebur. Beneran aku parno banget sumpah, sampe di bantuin sama nugi dan danang buat ke tengah. Dan bener view nya Bagus banget, karang nya warna warni ikannya banyak banget. Dan disini juga harus hati hati banyak bulu babi juga, gila aja nginjek bulu babi dua kali! Setelah puas bermain, sekitar jam 10 pagi, kami dijemput untuk pulang. Sampai di pelabuhan kamu di jemput mobil. Sampai di rumahnya Danang sekitar jam 12 siang. Langsung mandi, langsung istirahat. Sekaligus kami berbenah barang bawaan kami. Karena besoknya kami akan pulang.

Day 7

Jam 7 pagi, kami langsung berangkat ke Terminal. Sehabis pamitan ke orang tuanya Danang, kami pun langsung berangkat. Perjalanan dari rumahnya Danang, sekitar 2 jam setengah. Lumayan jauh, jadi lumayan buat tidur heheh. Sampai di Terminal Mandalika sekitar jam 9an. Bis pun berangkat dari terminal sekitar jam 12. Sampe di pelabuhan lembar jam 1 siang. Kapal berangkat jam 2 siang. Alhamdulillah, nyampe di pelabuhan padang bai bali jam 7 malam. Makan malem jam 10 di wm prasmanan klontong jawa timur. Sampe di pelabuhan gilimanuk jam 1 malam. Nyampe di pelabuhan ketapang jam 2 WIB. Sampe di terminal Arjosari jam setengah 9. Tips aja, bagi kalian yang mau ke Lombok dan cari nyaman mendingan naik pesawat, bagi kalian yang kekurangan dana kaya kita wkwkw, bisa cobain pake bis. Tapi, pastikan badan kalian cukup kuat dan lagi gak sakit nih.

Alhamdulillah, sampe di Malang dengan selamat. Capek pasti, seneng banget! Bener bener perjalanan yang luar biasa panjang. Makasih banyak banget Lombok! Best Vacation Ever!

Thank you guys, sudah baca 3 Part perjalanan aku di Lombok. Maaf banget buat update part ke 3 ini agak lama. Karena masih liburan heheh. Makasih banget yang udah baca. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.